Visi dan Misi FKIP

VISI

“Menjadi LPTK yang Unggul, Mandiri dan Religius Menjunjung Tinggi Nilai Budaya di Kawasan Asia Tenggara Tahun 2035”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk memenuhi kebutuhan tenaga guru yang profesional, menjunjung tinggi etika profesi dan nilai budaya
  2. Menyelenggarakan penelitian  dan  pengabdian  kepada  masyarakat  yang  berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan dan pengajaran yang berbasis budaya.
  3. Menyelenggarakan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu kinerja fakultas.
  4. Menyelenggarakan tata kelola secara efektif dan efisien untuk penunjang peningkatan mutu fakultas.

TUJUAN

  1. Menghasilkan tenaga pendidik yang unggul, mandiri dan religius dalam bidang pendidikan sesuai dengan keilmuan dan keahliannya.
  2. Mempersiapkan tenaga pendidik yang menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan dalam menjalankan tugas di masyarkat.
  3. Menghasilkan karya ilmiah yang bermutu dan bermanfaat dalam meningkatkan daya saing untuk kepentingan pendidikan dan masyarakat.
  4. Menghasilkan program tepat guna di bidang kependidikan untuk menciptakan masyarakat yang mandiri dan berdaya saing.
  5. Menjadi perguruan tinggi pendidikan guru yang profesional dan terpercaya
  6. Membangun penguatan jaringan kerjasama dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan berbagai pihak.

SASARAN

a. Sasaran Bidang Akademik

  1. Pendidikan
    • Daya tarik bagi calon mahasiswa semakin baik;
    • Kualitas calon mahasiswa meningkat;
    • Kualitas pelaksanaan dan pelayanan akademik bermutu dan meningkat;
    • Profesionalisme sumberdaya manusia di FKIP UBBG meningkat;
    • Kurikulum dan perangkat kurikulum (Silabus, SAP, Kontrak Belajar dan Bahan ajar) yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dapat diterapkan dengan baik;
    • Kemampuan soft skill mahasiswa semakin meningkat;
    • Masa studi mahasiswa kurang lebih 4 tahun dan lulus tepat waktu;
    • Kualitas lulusan untuk memenuhi kualifikasi akademik yang kompetitif meningkat;
    • Profesionalisme dan keterampilan lulusan yang memiliki daya saing dan mampu menciptakan lapangan kerja alternatif semakin meningka
  2. Penelitian
    • Tingkat partisipasi dosen dalam melakukan penelitian meningkat;
    • Daya saing dosen dalam memperoleh hibah penelitian meningkat;
    • Kualitas dan  kuantitas  penelitian  dan  publikasi  ilmiah  dibidang  pendidikan  yang memenuhi standar ilmiah meningkat;
    • Publikasi  hasil   penelitian   pada   jurnal   nasional   terakreditasi   dan   internasional meningkat;
    • Hasil penelitian  dosen  dimanfaatkan  dalam  proses  pembelajaran  dan  kegiatan pengabdian masyarakat;
    • Jumlah mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dosen meningkat;
    • Jumlah  Program   Kreativitas   Mahasiswa   Skim   Penelitian   (PKM-P   dari   Dikti) Meningkat;
    • Terjalin kerjasama institusional dengan lembaga lain dalam bidang penelitian

 

  1. Pengabdian
    • Daya saing dosen dalam memperoleh hibah pengabdian masyarakat yang bersumber baik dari UBBG maupun DIKTI meningkat;
    • Hasil PKM dosen harus terpublikasikan;
    • Jumlah Program Kreativitas Mahasiswa yang berkenaan dengan pengabdian (PKM dari Dikti) meningkat;
    • Jumlah mahasiswa yang terlibat dalam pengabdian dosen meningkat;
    • Jumlah kerjasama institusional dengan lembaga lain dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat meningkat;
    • Jumlah IPTEK bagi masyarakat meningkat

 

b. Sasaran Bidang Organisasi dan Manajemen

  1. Kelembagaan
  • Fungsi struktur organisasi terselenggara secara efektif, efisien dan produktif antara sekolah tinggi dengan PS serta unit-unit terkait dalam kelembagaan;
  • Fungsi manajemen  yang  transparan,  partisipatif,  berkeadilan,  representatif  gender, akuntabel, dan memperkuat pencitraan publik dapat diimplementasikan;
  • Fungsi sistem  perencanaan  yang  terintegrasi  dan  implementatif  dapat  diterapkan secara menyeluruh;
  • Fungsi sistem penjaminan mutu secara akademik terlaksana dengan baik.

 

 

  1. Manajemen Keuangan Sistem pengelolaan anggaran keuangan dapat dilaksanakan dengan perencanaan yang baik,transparan, akuntabel dan proporsional.
  2. Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Fungsi pengelolaan administrasi kepegawaian dapat berjalan dengan baik;
  • Fungsi standar kinerja baku terlaksana dalam manajemen sumberdaya manusia;
  • Fungsi pengembangan sumberdaya manusia dalam pengorganisaisan terprogram dan terlaksana dengan baik.

 

4. Manajemen Aset

  • Manajemen aset perkantoran, kelas dan laboratorium lebih efektif dan akuntabel;
  • Kualitas sarana  pembelajaran  (gedung,  peralatan  laboratorium  dan  media  bantu pembelajaran) semakin memuaskan;
  • Sistem informasi berbasis Teknologi Informasi semakin tersedia untuk mendukung manajemen fakultas dan PS;
  • Suasana kerja dosen dan staf pendukung semakin baik dan harmonis

 

c. Sasaran Bidang Kemahasiswaan dan Alumni

  • Kualitas dan  kuantitas  aktivitas  pengembangan  minat  dan  bakat  mahasiswa  untuk mendukung pengembangan diri mahasiswa terus meningkat;
  • Prestasi akademik dan IPTEK mahasiswa terus berkembang baik tingkat daerah, nasional dan internasional;
  • Peningkatan Soft-skill mahasiswa untuk memperkuat daya saing lulusan;
  • Kesejahteraan spiritual dan material mahasiswa meningkat;
  • Kesempatan alumni untuk akses ke dunia kerja semakin meningkat;
  • Peningkatan peran alumni untuk pengembangan diri alumni dan almamate

 

d. Sasaran Bidang Kerjasama

  • Kerjasama dengan berbagai institusi lokal, nasional dan international terlaksana dengan baik dan efektif untuk mendukung pengembangan seluruh fungsi dikelembagaan Sekolah tinggi;
  • Sistem pengelolaan kerjasama institusional semakin baik.

“Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa”