VISI
“Menjadi Fakultas Pendidikan yang Unggul, Mandiri dan Religius serta bertekhnologi yang Menjunjung Tinggi Nilai Budaya di Kawasan Asia Tenggara Tahun 2035”
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk memenuhi kebutuhan tenaga guru yang profesional, menjunjung tinggi etika profesi dan nilai budaya
- Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan dan pengajaran yang berbasis budaya.
- Menyelenggarakan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu kinerja fakultas.
- Menyelenggarakan tata kelola secara efektif dan efisien untuk penunjang peningkatan mutu fakultas.
TUJUAN
- Menghasilkan tenaga pendidik yang unggul, mandiri dan religius dalam bidang pendidikan sesuai dengan keilmuan dan keahliannya.
- Mempersiapkan tenaga pendidik yang menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan dalam menjalankan tugas di masyarkat.
- Menghasilkan karya ilmiah yang bermutu dan bermanfaat dalam meningkatkan daya saing untuk kepentingan pendidikan dan masyarakat.
- Menghasilkan program tepat guna di bidang kependidikan untuk menciptakan masyarakat yang mandiri dan berdaya saing.
- Menjadi perguruan tinggi pendidikan guru yang profesional dan terpercaya
- Membangun penguatan jaringan kerjasama dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan berbagai pihak.
SASARAN
a. Sasaran Bidang Akademik
- Pendidikan
- Daya tarik bagi calon mahasiswa semakin baik;
- Kualitas calon mahasiswa meningkat;
- Kualitas pelaksanaan dan pelayanan akademik bermutu dan meningkat;
- Profesionalisme sumberdaya manusia di FKIP UBBG meningkat;
- Kurikulum dan perangkat kurikulum (Silabus, SAP, Kontrak Belajar dan Bahan ajar) yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dapat diterapkan dengan baik;
- Kemampuan soft skill mahasiswa semakin meningkat;
- Masa studi mahasiswa kurang lebih 4 tahun dan lulus tepat waktu;
- Kualitas lulusan untuk memenuhi kualifikasi akademik yang kompetitif meningkat;
- Profesionalisme dan keterampilan lulusan yang memiliki daya saing dan mampu menciptakan lapangan kerja alternatif semakin meningka
- Penelitian
- Tingkat partisipasi dosen dalam melakukan penelitian meningkat;
- Daya saing dosen dalam memperoleh hibah penelitian meningkat;
- Kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi ilmiah dibidang pendidikan yang memenuhi standar ilmiah meningkat;
- Publikasi hasil penelitian pada jurnal nasional terakreditasi dan internasional meningkat;
- Hasil penelitian dosen dimanfaatkan dalam proses pembelajaran dan kegiatan pengabdian masyarakat;
- Jumlah mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dosen meningkat;
- Jumlah Program Kreativitas Mahasiswa Skim Penelitian (PKM-P dari Dikti) Meningkat;
- Terjalin kerjasama institusional dengan lembaga lain dalam bidang penelitian
- Pengabdian
- Daya saing dosen dalam memperoleh hibah pengabdian masyarakat yang bersumber baik dari UBBG maupun DIKTI meningkat;
- Hasil PKM dosen harus terpublikasikan;
- Jumlah Program Kreativitas Mahasiswa yang berkenaan dengan pengabdian (PKM dari Dikti) meningkat;
- Jumlah mahasiswa yang terlibat dalam pengabdian dosen meningkat;
- Jumlah kerjasama institusional dengan lembaga lain dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat meningkat;
- Jumlah IPTEK bagi masyarakat meningkat
b. Sasaran Bidang Organisasi dan Manajemen
- Kelembagaan
- Fungsi struktur organisasi terselenggara secara efektif, efisien dan produktif antara sekolah tinggi dengan PS serta unit-unit terkait dalam kelembagaan;
- Fungsi manajemen yang transparan, partisipatif, berkeadilan, representatif gender, akuntabel, dan memperkuat pencitraan publik dapat diimplementasikan;
- Fungsi sistem perencanaan yang terintegrasi dan implementatif dapat diterapkan secara menyeluruh;
- Fungsi sistem penjaminan mutu secara akademik terlaksana dengan baik.
- Manajemen Keuangan Sistem pengelolaan anggaran keuangan dapat dilaksanakan dengan perencanaan yang baik,transparan, akuntabel dan proporsional.
- Manajemen Sumber Daya Manusia
- Fungsi pengelolaan administrasi kepegawaian dapat berjalan dengan baik;
- Fungsi standar kinerja baku terlaksana dalam manajemen sumberdaya manusia;
- Fungsi pengembangan sumberdaya manusia dalam pengorganisaisan terprogram dan terlaksana dengan baik.
4. Manajemen Aset
- Manajemen aset perkantoran, kelas dan laboratorium lebih efektif dan akuntabel;
- Kualitas sarana pembelajaran (gedung, peralatan laboratorium dan media bantu pembelajaran) semakin memuaskan;
- Sistem informasi berbasis Teknologi Informasi semakin tersedia untuk mendukung manajemen fakultas dan PS;
- Suasana kerja dosen dan staf pendukung semakin baik dan harmonis
c. Sasaran Bidang Kemahasiswaan dan Alumni
- Kualitas dan kuantitas aktivitas pengembangan minat dan bakat mahasiswa untuk mendukung pengembangan diri mahasiswa terus meningkat;
- Prestasi akademik dan IPTEK mahasiswa terus berkembang baik tingkat daerah, nasional dan internasional;
- Peningkatan Soft-skill mahasiswa untuk memperkuat daya saing lulusan;
- Kesejahteraan spiritual dan material mahasiswa meningkat;
- Kesempatan alumni untuk akses ke dunia kerja semakin meningkat;
- Peningkatan peran alumni untuk pengembangan diri alumni dan almamate
d. Sasaran Bidang Kerjasama
- Kerjasama dengan berbagai institusi lokal, nasional dan international terlaksana dengan baik dan efektif untuk mendukung pengembangan seluruh fungsi dikelembagaan Sekolah tinggi;
- Sistem pengelolaan kerjasama institusional semakin baik.